ATRIBUT BERNILAI TUNGGAL (SINGLE-VALUED ATTRIBUTE) DAN ATRIBUT BERNILAI BANYAK (MULTIVALUED ATTRIBUTE)

Database | ATRIBUT BERNILAI TUNGGAL (SINGLE-VALUED ATTRIBUTE) DAN ATRIBUT BERNILAI BANYAK (MULTIVALUED ATTRIBUTE) | Budayakan Berbagi

ATRIBUT BERNILAI TUNGGAL (SINGLE-VALUED ATTRIBUTE) DAN ATRIBUT BERNILAI BANYAK (MULTIVALUED ATTRIBUTE)

Atribut Bernilai Tunggal (Single-valued attribute) ditujukan pada atribut-atribut yang memiliki paling banyak satu nilai untuk setiap baris data. Pada data mahasiswa, semua atribut (nim, nama_mhs, alamat_mhs dan tgl_lahir) merupakan atribut bernilai tunggal, karena atribut-atribut tersebut hanya dapat berisi 1 (satu) nilai. Jika ada seorang mahasiswa yang memiliki 2 (dua) tempat tinggal, maka hanya salah satu saja yang boleh diisikan ke dalam atribut alamat_mhs.

Sedangkan, atribut bernilai banyak (Multivalued attribute) ditujukan pada atribut-atribut yang dapat kita isi dengan lebih dari 1 (satu) nilai, tetapi jenisnya sama. Kita dapat menambahkan atribut hobbi pada data mahasiswa tersebut. Seorang mahasiswa ada yang mempunyai 1 hobbi saja, ada juga yang mempunyai banyak hobi dan bahkan ada mahasiswa yang tidak memili hobbi. Atribut semacam ini tergolong atribut bernilai banyak. Atribut waktu pada tabel jadwal juga dapat digolongkan sebagai atribut bernilai banyak, karena ada matakuliah yang hanya memiliki sebuah nilai waktu dan ada pula yang lebih dari satu nilai waktu.

Sekian artikel kali ini, silahkan lanjut ke materi selanjutnya dan budayakan berbagi dan semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
April 2, 2022 at 8:21 AM delete

Terima kasih, artikel nya membantu sekali.

Reply
avatar