DOMAIN DAN TIPE DATA

Database | Domain dan tipe data | Budayakan Berbagi
Beberapa contoh pada basis data relasional, kita telah menetapkan tipe data pada setiap atribut (kolom) untuk keperluan penentuan struktur setiap tabel. Penetapan tipe data ini akan berimplikasi pada adanya batas-batas nilai yang mungkin disimpan/ diisikan ke setiap atribut(kolom) tersebut. Jika kita menetapkan bahwa tipe data untuk sebuah atribut(kolom) adalah integer, maka kita hanya mungkin untuk menyimpan data angka yang bulat diantara -32, 768 hingga 32,767. Kita tidak mungkin untuk memasukkan data di luar batas nilai tersebut, data pecahan apalagi data yang berupa string (kumpulan huruf).

Secara umum, istilah Domain memiliki banyak kesamaan pengertian dengan fungsi tipe data tersebut. Akan tetapi, tipe data lebih merujuk pada kemampuan penyimpanan data yang mungkin bagi suatu atribut secara fisik, tanpa melihat layak/tidanya data tersebut bila dilihat dari kenyataan pemakaiannya. Sementara domain nilai lebih ditekankan pada batas-batas nilaiyang diperbolehkan bagi suatu atribut, dilihat dari kenyataan yang ada. Pada tabel kuliah misalnya, kita memang menetapkan bahwa tipe data untuk atribut sks adalah integer. Dengan begitu, secara fisik dapat saja menyimpan nilai -1, 0 atau 100 untuk atribut sks tersebut. Tetapi kita mengetahui dengan pasti, bahwa nilai-nilai itu sebetulnya tidak dibenarkan (invalid) untuk menjadi data pada atribut sks. Lalu nilai-nilai seperti apa yang boleh. Dari kenyataan yang ada, kita ketahui bahwa nilai yang layak (valid) untuk atribut sks adalah 1, 2, 3 atau 4. Maka dapat dikatakan Domain nilai untuk atribut SKS adalah 1,2,3 atau 4.

Pada saat pekerjaan perancangan basis data tengah dilakukan, yang perlu kita lihat dan pertimbangkan hanyalah Domain nilai dari setiap atribut. Penetapan tipe data bagi suatu atribut baru akan relevan dan penting untuk diperhitungkan pada saat implementasi basis data.

Sekian artikel kali ini, silahkan lanjut ke materi selanjutnya dan budayakan berbagi dan semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
July 9, 2019 at 7:54 PM delete

SKS kok cuma 1, 2, 3, 4 ???, SKS perolehan mahasiswa kan bisa sampai 160?

Reply
avatar
October 28, 2019 at 9:23 AM delete

maksud dari atribut SKS yaitu harga dari matakuliahnya. Setiap matakuliahkan punya nilai untuk di programkan/ di ambil. biasa nilai.a dari matakuliah bisa 1,2,3 atau 4.

Reply
avatar