PENYEBAB DAN CARA MENGATASI ERROR 502 BAD GATEWAY

Sistem Informasi | ERROR 502 | Budayakan Berbagi
Saat anda membuka situs ini berarti anda sedang mendapatkan atau mengalami masalah pada halaman situs website yang anda buka ERROR 502 BAD GATEWAY.

Pertama kali saya mendapatkan masalah situs 502 pada saat melakukan upload file ke server. Pada saat saya jalankan urlnya terlihat tampilan 502 Bad Gateway pada halaman tersebut. Dan pernah di beberapa website yang lain yang saya akses juga terjaadi masalah tersebut. Namun tahukan Anda apakah arti sebenarnya dari istilah '502 Bad Gateway' ?

Bagi pengguna biasa, masalah ini sering diabaikan karena tidak akan berpengaruh pada browser atau perangkat komputer Anda. Akan tetapi, bagi para webmaster, kesalahan 'Error 502 Bad Gateway' ini bila tidak diatasi akan berakibat pada masalah yang berbuntut panjang, terutama pada hubungannya dengan traffic dan resource server.

Penanganan 'Error 502 Bad Gateway' ini dirasa tidaklah mudah bagi para webmaster, sebab harus dilakukan dengan memeriksa dan meneliti kembali setingan server serta menganalisis resource mana yang mengakibatkan terjadinya error.

Menurut yang dilansir laman PC Support, Kamis (19/12/2013), '502 Bad Gateway' adalah indikasi sebuah situs sedang mengalami sistem error. Error ini umumnya terjadi karena terlalu besarnya request yang masuk, sehingga server yang dimiliki oleh sebuah situs mengalami overload karena tidak mampu menangani banyaknya request.

Pesan indikasi sistem error pada server sering muncul dalam berbagai bentuk yang berbeda-beda, antara lain:
  • "502 Bad Gateway"
  • "502 Service Temporarily Overloaded"
  • "Error 502"
  • "Temporary Error (502)"
  • "502 Proxy Error"
  • "502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request."
  • "HTTP 502"
  • "Bad Gateway: The proxy server received an invalid response from an upstream server."
  • "HTTP Error 502 - Bad Gateway".

Namun setelah saya telusuri di beberapa halaman website menjelaskan bahwa masalahanya terletak pada ketidakmampuan server untuk menangani request, '502 Bad Gateway'. Namun menurut saya penanganan ini buat saya kurang tepat karena server yang saya beli masih baru dan belum bisa di akses. Dan saya telusuri lebih lanjut ternyata kesalahan terjadi pada file konfigurasi .htaccess.

Sebenarnya permasalahan '502 Bad Gateway ' bukanlah sebuah masalah besar bagi para pengguna. Sebab, permasalahan ini tidak terjadi pada browser ataupun perangkat komputasi yang Anda gunakan. Namun hal ini pastinya akan mengganggu keasyikan Anda saat berselancar di jagat maya.

Jadi kesimpulannya masalah error 502 bisa saja terjadi karena masalah ketidakmampuan serve untuk menangani request, '502 Bad Gateway' atau pada file konfigurasi .htaccess.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »