APA SAJA PROGRAM YANG DAPAT DIBUAT DENGAN PHP ???

Php | apa saja program yang dapat dibuat dengan php ??? | Budayakan Berbagi

APA SAJA PROGRAM YANG DAPAT DIBUAT DENGAN PHP ???

Meskipun pengembangan PHP lebih difokuskan untuk proses pembuatan aplikasi web (server-side scripting), tapi sebenarnya PHP memiliki kemampuan lebih dari itu. PHP dapat digunakan untuk membuat 3 tipe aplikasi, yaitu:

  • Aplikasi web (Server-side scripting)
    Terdapat 3 hal yang perlu kita sediakan untuk dapat menjalakan kode PHP yang diperankan sebagai aplikasi web, yaitu: PHP paster (PHP Interpreter) atau software PHP itusendiri, server web (Apache, IIS, nginx, lighttpd, dsb) dan web browser (IE, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dsb). Agar kode dapat dieksekusi oleh PHP Interpreter, server web harus dalam keadaan aktif. akses halaman webnya sendiri dilakukan dengan menggunakan aplikasi web browser.

  • Program CLI (Command-line Scripting)
    Dalam jenis aplikasi ini, kode PHP dapat dijalankan hanya dengan PHP Interpreter tanpa adanya server web maupun web browser dan dilakukan melalui command prompt atau terminal. Jenis penggunaan ini pada umumnya digunakan untuk melakukan tugas-tugas regular yang dikerjakan dibelakang layar seperti proses backup data. Kode PHP dapat dieksekusi secara otomatis dan terjadwal melalui program cron (*nix dan Linux) atau Task Scheduler (Windows).

  • Aplikasi Dekstop (GUI)
    Dalam keadaan normal, distribusi PHP tidak menyertakan pustaka untuk pembuatan aplikasi berbasis GUI. Untuk pengembangan aplikasi desktop dengan PHP, kita harus menggunakan pustaka yang disediakan oleh pihak ketiga, seperti PHP-GTK wxPHP.

Pada tahun 2010, terdapat komunitas yang membentuk proyek PHP for Android (PFA), yang menjadikan PHP dapat dipadukan dengan Scripting layer for Android (SL4A) untuk membentuk aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan di atas sistem Operasi Android. Informasi lengkapnya mengenai PFA dapat dilihat di situs: http//www.phpforandroid.net.

Sekian dan semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »