APA YANG DI MAKSUD DENGAN PHP DAN MENGAPA MENGGUNAKAN PHP ???

Php | apa yang dimaksud dengan php dan mengapa menggunakan php ??? | Budayakan Berbagi

APA YANG DI MAKSUD DENGAN PHP DAN MENGAPA MENGGUNAKAN PHP ???

PHP, merupakan singkatan rekursif dari PHP: Hypertext preprocessor adalah bahasa pemprograman yang dapat digunakan untuk tujuan umum, sama seperti bahasa pemprograman lainnya, seperti: C, C++, Pascal, Phyton, Perl, Ruby dan sebagainya. Meskipun demikian, PHP lebih popular digunakan untuk pengembangan aplikasi web. Dalam proses pembuatan halaman web, PHP tidak memerlukan kode yang panjang seperti pada Perl dan Phyton (misalnya) karena kode PHP dapat disisipkan di dalam kode HTML. Sebagai gambaran bagi anda, perhatikan terlebih dahulu kode Phyton di bawah ini:

#!C:\Python27\python

From __future__ import print_function

Print (“Content-type: text/html\r\n\r\n”)
Print (“<html>”)
Print (“<head>”)
Print (“<title>>Welcome </title>”)
Print (“</head>”)
Print (“<body>”)
Print (“<h1>Selamat Datang! </h1>”)
Print (“</body>”)
Print (“</html>”)

Dalam kode Python di atas, kode HTML harus dibungkus sebagai teks (string) yang selanjutnya perlu ditampilkan menggunakan perintah print. Dalam PHP, kode di atas dapat dibuat jauh lebih mudah karena kita dapat memisahkan bagian kode HTML dan kode PHP, seperti berikut:

<html>
<head>
<title>>Welcome </title>
</head>
<body>
<h1>Selamat Datang! </h1>
</body>
</html>

Pada contoh di atas, teksyang dicetak tebal merupakankode PHP dan sisanya adalah kode HTML. Kode PHP selalu diawali dengan tanda . kita bisa saja menggunakan tanda lain, misalnya tanda yang digunakan oleh ASP, <% dan %> untuk mengawali dan mengakhiri kode PHP denganmelakukan konfigurasi pada file php.ini.

PHP dapat dijalankan dalam sebagian besar sistem operasi, termasuk Linux, varian-varian UNIX (HP-UX, Solaris, OpenBSD), Windos dan Mac OS X. selain itu, PHP juga mendukung sebagian besar server web yang ada saat ini, seperti: Apache, IIS, nginx dan lighttpd. Dengan demikian, dengan menggunakan PHP kita dapat bebas memilih sistem operasi dan server web yang digunakan.

Dalam proses penulisan kode program, PHP juga mengijinkan kita untuk menggunakan dua gaya pemprograman, yaitu gaya procedural dan gaya berorientasi objek dan bisa juga gabungan dari keduanya.

PHP merupakan bahasa pemprograman open-source dan bersifat bebas (free). Ini berarti bahwa kita bebas menggunakan PHP untuk membangun aplikasi yang bersifat non-komersil maupun komersil.

Sekian dan semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »