OPERASI DAN BAHASA BASIS DATA

Basis Data | Operasi Dan Bahasa basis Data | Budayakan Berbagi

OPERASI DAN BAHASA BASIS DATA

Di samping melakukan operasi pengisian/penambahan data ke masing-masing tabel yang strukturnya telah disiapkan, operasi-operasi lain yang dapat kita lakukan adalah :

  • Menampilkan data (query)
  • Pengubahan data (update/edit)
  • Penghapusan data (delete)
Cara penerapan operasi-operasi basis data tersebut sangat tergantung dari DBMS yang digunakan. Tetapi secara umum, ada 2 macam cara untuk menjalankan operasi-operasi basis data, yaitu :
  1. Menjalankan program khusus untuk melakukan operasi basis data secara interaktif
    program semacam ini umumnyadisediakan oleh setiap DBMS untuk mempermudah pemakai (user) dalam melakukan operasi – operasi basis data.kemudahan tersebut berbentuk penyediaan menu (untuk dbms yang berbasis teks dan bahkan ditambah dengan pemanfaatan perangkat mouse (untuk DBMS yang berbasis grafis). disini kita menggunakan DBMS MySQL dapat menunjukkan hal itu.

  2. Menggunakan bahasa basis data (Data Manipulation Language)
    Dengan bahasa basis data, pemakai (user) harus menuliskan perintah-perintah khusus untuk melakukan operasi-operasi basis data. Bahasa basis data tersebut ada yang memang berlaku khusus untuk suatu DBMS (seperti bahasa dBase untuk dbase III+ dan FoxBase), tetapi ada pula bahasa basis data yang sudah menjadi standar (seperti SQL untuk berbasis MS-SQL Server, Oracle Database, MySQL, dll). Di artikel kali ini juga akan menunjukkan sedikit contoh penggunaan bahasa basis data. Khusus bahasa basis data My-SQLyang telah menjadi bahasa basis data standar pada sejumlah DMBS akan diuraikan lebih rinci.

    Pertama kita akan membuat suatu database dan tabel sesuai dengan database dan tabel yang sebelumnya kita telah bahas. Jadi pembahasan sebelumnya kita membuat database dengan nama akademik dan 3 buah tabel dengan nama mahasiswa, dosen dan kuliah. Namun disini kita hanya akan membuat database akademik dan tabel kuliah saja. Karena disini kita hany ingin memberikan suatu contoh bagaimana cara atau perintah dalam menampilkan data (query) , mengubah data (update/edit) dan menghapus data (delete).

    Kita akan menggunakan command prompt (CMD) dan sebelumnya pastikan telah terinstall aplikasi XAMPP. Okey, kita langsung saja ke praktiknya : Membuat database akademik :


    Membuat tabel kuliah. Lihatlah gambar di bawah ini :

    1. Menampilkan data (query)
      Disini kita akan membahas bagaimana cara menampilkan data yang telah ada dengan menggunakan DBMS My-SQL. Perintah SELECT pada MySql biasanya digunakan untuk menampilkan data yang berada di dalam tabel. Seperti yang kita ketahui bahwa MySql adalah sebuah RDBMS(Relational Database Management System) yang artinya bahwa tabel-tabel tersebut bisa berelasi atau tidak berelasi dengan tabel lainnya. Tadi sudah dikatakan bahwa perintah SELECT adalah untuk menampilkan data yang berada di dalam tabel. Kita akan menampilkan data dari tabel kuliah yang telah kita buat sebelumnya. Okey, kita langsung saja praktekkan cara menampilkan data.

    2. Pengubahan data (update / edit)
      Untuk mengubah data yang sudah ada kita menggunakan perintah update. Okey, kita langsung saja praktekkan cara menampilkan data.

    3. Penghapusan data (delete)
      Dan penghapusan data kita menggunakan perintah delete. Okey, kita langsung saja praktekkan cara menampilkan data.

Materi dari basis data relasional terbagi atas 5 yaitu :
  1. DEFINISI BASIS DATA RELASIONAL
  2. MEMBUAT BASIS DATA AKADEMIK
  3. OPERASI DAN BAHASA BASIS DATA
  4. PENERAPAN RELASI ANTAR TABEL
  5. BAGAIMANA MODEL BASIS DATA YANG BAIK
Sekian dan semoga Bermanfaat ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »